Senin, 16 Februari 2015

Cara Memasang dan Memilih Antena TV Yang Bagus

 
Antena Outdoor Type PF 5000

TV Digital Surabaya - Sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita adalah menonton televisi. Hiburan yang paling mudah untuk mendapatkannya. Bagaimana tidak ? pulang kerja nyantai dulu di depan televisi sembari menikmati minum kopi atau teh. Ada yang menonton berita, ada juga yang memilih acara hiburan diantaranya acara musik, drama atau komedi.  Namun untuk mendapatkan siaran yang bagus di perlukan sebuah antena TV yang mampu menangkap siaran televisi yang di pancarkan dari stasiun TV.

Sinyal antena yang di terima di salurkan melalui kabel penghubung yang biasa di sebut kabel antena. Televisi merubah sinyal antena tersebut dalam bentuk gambar dan suara. Dahulu setiap TV yang baru di beli sudah di lengkapi dengan unit antena berbentuk stik yang terbuat dari stainless steel yang bisa di tarik memanjang atau di pendekkan sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya antena tersebut belum tentu bisa menerima sinyal dengan baik atau sempurna. Terlebih lagi televisi yang sekarang yang berupa TV yang memiliki layar LCD atau LED. Banyak sekali keluhan bahwa antena yang satu paket ketika membeli TV selalu saja tidak bisa menghasilkan gambar dan suara yang bagus.

Penyebab lainnya, antena TV yang model tarik kurang bisa bekerja efektif karena jarak atau lokasi pesawat yang jauh dari pemancar atau repeater (pemancar ulang) sehingga sinyal yang di terima pun sangat lemah. Jika terjadi pada televisi analog adalah gambar berbintik, berbayang atau suara kemresek. Jika pada siaran digital yang terjadi jika sinyal lemah adalah gambar dan suara hilang sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang timbul akibat antena tidak bekerja secara optimal :

1. Gambar yang di hasilkan di layar TV berbintik-bintik tidak jernih.
2. Suara yang di hasilkan kemresek atau bisa jadi tidak stereo lagi.
3. Salah satu stasiun TV bisa di terima dengan baik, stasiun yang lain memiliki kualitas gambar dan suara yang kurang bagus.
4. Terkadang antena TV juga mengandung aliran listrik (meskipun sangat kecil) yang menyebabkan kita terkejut.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa merubah jenis antena yang di pasang. Umumnya ada dua jenis antena yang di jual di pasaran yaitu jenis INDOOR dan OUTDOOR. Untuk jenis outdoor biasanya di pergunakan oleh pemilik TV yang miskin sinyal karena jauh dari pemancar atau daerah pegunungan.

Antena Outdoor

Sesuai dengan namanya antena ini di pasang di luar rumah. Antena ini memang mampu menangkap sinyal lebih baik daripada antena indoor. Antena outdoor akan berfungsi secara optimal apabila cara pasang dan penempatan yang sesuai. Berikut ini langkah langkah cara memasangnya :

  • Siapkan unit antena yang baru di beli biasanya adalah knock down
  • Rakit sesuai dengan petunjuk perakitan
  • Pasang kabel antenanya
  • Untuk jenis kabel pilihlah kabel yang berkualitas. Biasanya terkenal dan kualitas berbanding lurus dengan harganya.
  • Sesuaikan panjang kabel antara antena dan letak TV. Jangan sampai menggulung terlalu banyak yang akan menyebabkan hilangnya sinyal di kabel antena.
  • Pasang antena pada tiangnya. Kalo di kampung bisa menggunakan bambu jika ingin lebih kuat gunakan tiang besi.
  • Berdirikan tiangnya sehingga posisi antena berada di atas.
  • Colokkan jack antena ke TV
  • Nyalakan TV cobalah lihat satu satu siaran yang di terima apakah sudah jernih, jika belum putar sedikit demi sedikit arah antenanya. Jika sudah jernih gambar dan suaranya berarti sudah tepat.
  • Perkuat penyangga atau tiang antena supaya tidak berubah arah karena angin.
Antena outdoor dengan penyangga dari kayu atau bambu tidak mampu bertahan lama karena bisa jadi lapuk karena hujan dan panas. Ada baiknya supaya lebih tahan lama menggunakan tiang besi saja. Untuk harga antena outdoor di pasaran juga bermacam macam mulai dari harga Rp 60.000-Rp 150.000 an.

Antena Indoor

Di toko listrik atau toko elektronik banyak menjual jenis antena indoor. Ada yang berbentuk parabola kecil ada yang sudah di lengkapi boster, ada yang di hias dengan kepingan VCD dan bentuk lain-lain yang sepertinya asal saja yang penting penampilannya bagus.

Antena indoor biasanya di pakai di tempat yang mempunyai kualitas sinyal baik. di gedung tinggi atau dekat dengan pemancar seperti di Surabaya ini. Jika di gunakan untuk TV CRT biasanya cukup di letakkan di atas TV, tetapi jika menggunakan TV LCD atau LED di taruh di atas almari atau di atas plafon. Semakin tinggi posisinya antena indoor yang dipasang semakin jernih pula gambar dan suara yang di hasilkan.

Harga antena indoor di pasaran juga bervariasi mulai dari Rp 10.000-Rp. 50.000. 1 set antena indoor sudah di lengkapi dengan kabel sepanjang 1 meter dan juga jack antena untuk di colokkan ke TV nya.

Selamat mencoba...

Untuk berbagai jenis antena UHF untuk siaran digital maupun analog bisa mendapatkannya di sini :

Marketing Office

Jl. Pandugo 1 no 17 D
Penjaringan Sari, Rungkut
Surabaya 60297

Telp  As Telkomsel  0823 3141 6488
SMS atau WA 0857 0712 9990

BBM 5447EFA4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar